Mobil yang Jadi Ikon Industri Otomotif Indonesia
Mobil yang Jadi Ikon Industri Otomotif Indonesia – Data penjualan mobil berdasar data dari wholesale (distribusi pabrik ke dealer) yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO)– per November 2017, sudah ada 994.436 unit mobil yang terjual di pasaran Indonesia. Angka ini sendiri sebenarnya “hanya” naik 1,9% dibanding periode yang sama 2016. Meski begitu berdasar data ini dapat di ambil kesimpulan selama satu tahun, Indonesia kedatangan kurang lebih satu juta unit mobil baru. Dari angka tersebut, rasanya tidak kurang dari puluhan mobil baru yang hadir dan meramaikan persaingan. Nyatanya tak semua mobil mendapat perhatian cukup besar dari konsumen. Dari tahun ke tahun selalu saja ada mobil yang jadi ‘anak popular’ di dunia otomotif Indonesia. Nah, melalui story ini kami coba menghimpun 5 mobil yang rasa-rasanya menjadi simbol di masanya toyota-bogor.id
1. Toyota Avanza
Bicara tentang mobil di Indonesia, janggal rasanya jika tidak membahas ‘mobil sejuta umat’. Selama jalan masih muat untuk satu mobil rasanya kamu bisa menemukan Toyota Avanza di Indonesia. Cukup banyak terbantu dengan kelahiran MPV yang di inisiasi oleh Toyota Kijang, Toyota Avanza seperti menjadi idola baru bagi keluarga-keluarga di Indonesia yang memimpikan kendaraan multifungsi yang ekonomis. Yang membanggakannya lagi, hampir 100 persen komponen yang digunakan dalam memproduksi Toyota Avanza sudah diproduksi secara lokal. Hingga saat ini, mobil tiga baris kursi itu 90 persen komponenya di produksi di dalam negeri. Sejak awal di perkenalkan, mobil tujuh penumpang ini tidak pernah sepi peminat. Tidak heran kalau sudah ada 1,6 juta unit Toyota Avanza yang terjual. Ini artinya jika seluruh pemilik Avanza di Indonesia iseng memarkir mobilnya secara memanjang, “parkiran” ini akan mengular sejauh 6.624 kilometer. Jika ini belum cukup membuat kamu terkejut, 6.624 kilometer artinya adalah setengah dari diameter bumi (12.742 kilometer). (Kumparan)
2. Toyota Kijang
Baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-40 di Indonesia, tentu Toyota Kijang menyimpan banyak kenangan bagi masyarakat Indonesia. Dimulai dari generasi pertamanya yang masuk tahun 1977, Toyota Kijang terus berevolusi hingga sekarang berubah wujud ke multi-purpose vehicle (MPV) kelas menengah yang menjadi primadona bahkan bisa di bilang sudah melegenda. Tentu untuk bertahan selama 40 tahun di industri otomotif Indonesia bukanlah hal yang mudah. Berawal dari program Kendaraan Bermotor Niaga Sederhana (KBNS) yang di lihat Toyota sebagai peluang. Benar saja generasi kedua mobil dengan nama satwa lincah ini di sulap menjadi kendaraan multiguna yang tidak hanya menjadi mobil niaga tapi juga bisa mengangkut penumpang yang kemudian melahirkan segmen MPV ini sendiri.
3. Suzuki Carry
Mungkin beberapa dari kamu tidak merasa akrab dengan nama mobil ini. Wajar saja di Indonesia, mobil ini biasanya di warnai dengan berbagai warna dan di hiasi dengan nomor trayek dan di hilangkan nama identitasnya. Ya, Suzuki Carry adalah mobil angkutan kota alias angkot atau mikrolet yang masih sering kita lihat berseliweran di jalan raya. Meski dewasa ini mulai banyak varian mobil lain yang di pakai untuk menjadi kendaraan umum ini rasanya Suzuki Carry masih menjadi pilihan utama untuk jadi “mobil 46”.
4. Toyota Corolla
Di tahun 1970-1990an mobil sedan mulai masuk menjadi idola baru untuk orang-orang di Indonesia. “Jejak”nya bisa di lihat di garasi kakek-nenek atau bahkan orangtua kamu. Bahkan jika kamu tanya mobil yang mereka pakai di era itu juga kemungkinan beragam jenis mobil sedan jadi jawaban. Di antara beragam jenis sedan ini Toyota Corolla E20 cukup populer menjadi pilihan di era 70an. Punya versi dua pintu dan empat pintu, di Indonesia sendiri yang di sebut belakangan menjadi idola. Tidak tanggung-tanggung mobil yang satu ini bahkan mendapat nama lokal yakni Corbet yang merupakan kependekan dari Corolla Betawi.