Otomotif

Cara Melepas dan Memasang Aki Mobil yang Baik dan Benar

Cara Melepas dan Memasang Aki Mobil yang Baik dan Benar – Aki adalah cadangan listrik utama yang bekerja memenuhi seluruh kebutuhan listrik di mobil. Aki yang bermasalah pasti dapat sangat mencegah mobilitias kami di kala berkendara. Aki mobil yang tidak berguna baik dapat mengakibatkan beberapa masalah, sekiranya AC yang menjadi tidak sejuk, menurunnya performa mobil, mesin menjadi tidak stabil, apalagi sebabkan mesin tidak dapat menyala.

Semua masalah kelistrikan berikut cuma dapat di atasi dengan mengganti aki mobil lama dengan aki baru. Tips ini dapat mendukung Sahabat di kala kudu mengganti aki mobil tanpa pemberian montir. Ada 3 step di dalam proses habanero penggantian Aki mobil yang lama dengan yang baru, yaitu langkah melepas aki lama, proses pembersihan karat dan langkah pemasangan aki baru.

Cara Melepas Aki Lama

Langkah awal yang kudu kamu laksanakan adalah melepas aki mobil dengan benar. Supaya lebih aman, lepaskan kabel, baut dan klem pada kutub negatifnya lebih-lebih dahulu, baru kemudian di lanjutkan pada kutub positifnya.Setelah seluruh kabel dan klem terlepas, angkat aki berikut secara tegak lurus sehingga cairan di dalam aki tidak tumpah.

Alasannya ialah, sekiranya kamu melepas kabel bagian positif lebih-lebih dahulu sehingga tidak terjadi pertalian arus pendek listrik yang di akibatkan oleh alat kerja yang jatuh ke terminal positif atau benda lainnya. Sedangkan kecuali mencabut kabel negatif lebih-lebih dahulu maka dengan sendirinya dapat memastikan pertalian arus listrik pada bodi mobil. Apabila terdapat benda logam ataupun benda lainnya jatuh pada ke-2 terminal sama sekali maka tidak dapat mengalami persoalan layaknya korsleting.

Pembersihan Bagian yang Berkarat

Langkah ke-2 adalah laksanakan pemeriksaan pada kabel dan klem aki. Bila terdapat karat, gunakan cairan anti karat untuk membersihkannya atau kamu dapat menggosoknya sehingga karat hilang. Karat dan bermacam kotoran yang menempel pada klem dan ujung kabel dapat menjadi isolator/ penghalang masuknya aliran listrik.

Baca Juga: Fungsi dan Ciri Kerusakan Tie Rod Mobil

Cara Memasang Aki Baru

Langkah ketiga adalah memasang aki baru. Cara memasang aki baru berkebalikan dengan langkah mencopot aki lama. Letakkan aki pada dudukannya secara tegak lurus, lantas pasang kabel positifnya lebih-lebih dulu, baru kemudian di lanjutkan dengan memasang kabel negatif. Hal berikut di laksanakan untuk mencegah munculnya percikan api pada kutub positif. Pastikan bahwa seluruh kabel dan klem udah terkunci dengan sempurna. Setelah itu cobalah nyalakan mesin mobil, sekiranya seluruh terjadi baik, maka Sahabat dapat menutup kap mobil dan melanjutkan perjalanan.

Biasanya setelah memasang kabel positif kemudian memasang kabel negatif pada terminal aki, pastinya dapat muncul percikan api sewaktu di dekatkan dengan terminal. Sahabat tidak kudu mulai panik, di karenakan kecuali kepala aki udah terpasang dengan sempurna maka percikan berikut tidak dapat muncul kembali. Kecuali terjadi korsleting maka dapat muncul konsisten percikan api pada kutub negatif.

Tentunya Sahabat tidak sudi di kala pagi hari dapat berangkat kerja atau dapat laksanakan aktifitas di luar tiba-tiba mobil mogok di karenakan starter tidak bisa di hidupkan. Mungkin diagnosa awal yang pasti kamu pikirkan adalah aki mobil soak. Sebelum masuk ke pokok bahasan utama, pahami dulu jenis-jenis aki, faedah aki dan komponen penyusun aki mobil sehingga kamu lebih paham seluk beluk mengenai aki. Berikut penyebab aki mobil soak dan solusi dan pencegahannya.

Mobil jarang digunakan/dipanaskan

Salah satu penyebab aki mobil soak adalah di karenakan mobil jarang di gunakan. Hal ini di sebabkan di karenakan aki tidak mendapat suplai kelistrikan yang lumayan sehingga sebabkan kapasitas aki tidak cukup optimal. Oleh di karenakan itulah Sahabat kudu membawa mobil bepergian paling tidak satu kali seminggu sehingga asupan listrik ke aki selamanya optimal yang otomatis sebabkan masa pakainya lebih lama.

Penggunaan mobil yang intense

Penyebab aki mobil soak lainnya adalah di karenakan intensitas penggunaan mobil yang tinggi. Mobil yang di gunakan secara berkesinambungan perlu daya listrik yang besar, sehingga aki bekerja sangat ekstra yang otomatis dapat mengurangi usia pakainya. Semua komponen mobil memang memiliki masa pakai, dan dapat cepat rusak sekiranya di pakai secara konsisten menerus.

Air aki habis

Salah satu berlebihan aki mobil tipe basah adalah bisa di isi lagi sehingga sebabkan masa pakainya lebih lama dan perawatannya lebih mudah. Namun seringkali pemilik aki basah lupa laksanakan pengecekan. Tau-tau air aki udah habis, sehingga sebabkan aki tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Apabila hal ini di biarkan saja maka dapat terjadi aki mobil soak, menjadi sangat di sarankan untuk selamanya mengecek air aki sebelum saat bepergian.

Kapasitas Aki Mobil Tidak Sesuai

Seperti yang kami sampaikan di atas, kami jangan asal pilih aki mobil. Pastikan kapasitasnya cocok dengan kebutuhan kelistrikan mobil yang kami miliki. Apabila aki yang di gunakan kapasitasnya sangat kecil maka bisa sebabkan over suplai yang bisa berakibat usia gunakan aki menyusut dan aki mobil cepat soak.

Aksesoris Mobil yang Berlebih

Memodifikasi mobil merupakan salah satu hobi yang mengasyikan. Sering kali pemilik mobil laksanakan modifikasi dengan beri tambahan proses audio tanpa menyimak kapasitas aki mobil.

Sistem audio memang perlu daya listrik lumayan besar, sehingga kami kudu menyesuaikannya dengan kapasitas aki yang di gunakan. Apabila hal berikut di biarkan saja, maka lama-kelamaan daya aki tersedot habis, sehingga berpotensi merusak aki mobil kerap tekor atau soak.

Penggunaan Lampu Mobil Arus Berlebih

Tak cuma proses audio, penggunaan lampu yang tak cocok standar juga menjadi salah satu penyebab aki mobil soak. Sebelum memodifikasi mobil dengan beri tambahan proses audio, lampu HID dan lampu projector, ada baiknya kami menyaksikan lebih-lebih dahulu berapa daya yang di butuhkan, sehingga kami bisa mengganti aki mobil dengan ampere yang lebih besar sehingga kebutuhan dayanya sesuai.

Usia Aki Mobil

Semakin pertambahan usia mobil, berbanding lurus dengan usia aki mobil. Tentunya kemampuan menyimpan dayanya dapat makin lama berkurang. Alhasil kamu kudu belanja aki baru yang kondisinya tetap normal. Setidaknya penggantian aki mobil bisa di laksanakan setiap 2-3 tahun sekali, sehingga mobil bisa terhindar berasal dari mogok di karenakan tidak bisa di starter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *